Bacaan ku di tengah malam sebelum tidur. Di baca langsung lewat display computer.
Peter F.Drucker :
Adopsilah manajemen militer dan praktekkanlah di manajemen bisnis.
Siapa yang tidak kenal
dengan Peter F. Drucker, terutama para mahasiswa dan sarjana di bidang manajemen. Peter Drucker
adalah Bapak Manajemen Modern, sehingga dia diberi penghargaan dimana namanya
di cantumkan pada Peter Drucker and Matoshi Ito of School Management di
Claremont Graduate University. Peter F. Drucker menganggap bahwa para pebisnis
yang ada di dunia ini, harus mempelajari manajemen militer untuk dapat sukses
dalam bisnis dan perkembangan perusahaan. Adapun tiga bidang yang harus
dipelajari oleh para pebisnis dan manajemen untuk mengadopsi manajemen militer
adalah :
1. Pelatihan dengan sistem militer, dimana Peter Drucker sangat menghormati
filosofi dalam pelatihan militer dengan asumsi pertama adalah semakin giat kita
berlatih, semakin mudah melakukan tindakan militer yang sesungguhnya, maka
semakin baik kinerja kita. Kemudian asumsi kedua adalah serdadu berpangkat
rendah pun, mampu memiliki kemampuan meraih level tanggung jawab dan komando
tertinggi. Hal ini teringat dengan pepatah," Dalam setiap ransel prajurit,
terdapat tongkat marsekal." Dalam kemiliteran, keharusan setiap prajurit
bisa membawa tongkat kepemimpinan, terutama pada saat berperang, jadi siapa
saja diharuskan bisa untuk memimpin. Napoleon mengambil banyak Jendral dan
Marsekal dari prajurit-prajurit yang di naikkan pangkatnya, karena mereka sudah
mengetahui dan berpengalaman dalam situasi kemiliteran. Jadi, dalam kemiliteran
semakin giat kita berlatih, maka semakin baik kinerja kita, maka semakin
efektif, efisien dan berhasil kita.
2. Penerapan sistem promosi, Sistem promosi di kalangan militer Amerika,
menurut Peter Drucker seperti rantai yang sambung menyambung, dimana promosi
didasarkan dari pengalaman dan kepantasan, seperti dimulai dari pangkat
terendah ( Bintara Yunior ) sampai ke pangkat Mayor Jendral dan ada Dewan
Promosi yang bertemu untuk menetapkan siapa yang akan di promosikan. Dewan
Promosi ini menentukan siapa yang memiliki kualitas terbaik, untuk memperoleh
kenaikan posisi, jabatan atau pangkat. Alat utama untuk laporan promosi adalah
laporan evaluasi yang di capai setiap tahun, meski tiap pangkat berbeda-beda
laporan evaluasinya, biasanya evaluasi menilai sejumlah kriteria tertentu yang
secara umum seperti cara berkomunikasi, pengambilan keputusan, memotivasi,
perencanaan, pelaksanaan, penilaian, pengembangan pribadi dan kelompok/team,
serta pembelajaran.
3. Kepemimpinan, dimana delapan aturan kepemimpinan universal
menurut Peter F. Drucker, yaitu : Utamakan integritas, kenali perangkat kita,
ungkapkan harapan, tunjukkan komitmen yang luar biasa, harapkan selalu hasil
yang positif, urus dan perhatikan bawahan atau anak buah, utmakan tugas diatas
urusan pribadi dan selalu berada di depan.
Peter F. Drucker
percaya bahwa para pebisnis dan perusahaan harus melihat dan mempraktekkan apa
yang telah dilakukan oleh militer Amerika Serikat, untuk memimpin
perusahaan. Adopsilah sistem militer untuk meningkatkan kedisiplinan dalam
menjalankan perusahaan.