Monday, 9 December 2019

9 December 2019




Bacaan ku di tengah malam sebelum tidur. Di baca langsung lewat display computer.



Peter F.Drucker : Adopsilah manajemen militer dan praktekkanlah di manajemen bisnis. 

Siapa yang tidak kenal dengan Peter F. Drucker, terutama para mahasiswa dan sarjana di bidang manajemen. Peter Drucker adalah Bapak Manajemen Modern, sehingga dia diberi penghargaan dimana namanya di cantumkan pada Peter Drucker and Matoshi Ito of School Management di Claremont Graduate University. Peter F. Drucker menganggap bahwa para pebisnis yang ada di dunia ini, harus mempelajari manajemen militer untuk dapat sukses dalam bisnis dan perkembangan perusahaan. Adapun tiga bidang yang harus dipelajari oleh para pebisnis dan manajemen untuk mengadopsi manajemen militer adalah :
1.      Pelatihan dengan sistem militer, dimana Peter Drucker sangat menghormati filosofi dalam pelatihan militer dengan asumsi pertama adalah semakin giat kita berlatih, semakin mudah melakukan tindakan militer yang sesungguhnya, maka semakin baik kinerja kita. Kemudian asumsi kedua adalah serdadu berpangkat rendah pun, mampu memiliki kemampuan meraih level tanggung jawab dan komando tertinggi. Hal ini teringat dengan pepatah," Dalam setiap ransel prajurit, terdapat tongkat marsekal." Dalam kemiliteran, keharusan setiap prajurit bisa membawa tongkat kepemimpinan, terutama pada saat berperang, jadi siapa saja diharuskan bisa untuk memimpin. Napoleon mengambil banyak Jendral dan Marsekal dari prajurit-prajurit yang di naikkan pangkatnya, karena mereka sudah mengetahui dan berpengalaman dalam situasi kemiliteran. Jadi, dalam kemiliteran semakin giat kita berlatih, maka semakin baik kinerja kita, maka semakin efektif, efisien dan berhasil kita.
2.      Penerapan sistem promosi, Sistem promosi di kalangan militer Amerika, menurut Peter Drucker seperti rantai yang sambung menyambung, dimana promosi didasarkan dari pengalaman dan kepantasan, seperti dimulai dari pangkat terendah ( Bintara Yunior ) sampai ke pangkat Mayor Jendral dan ada Dewan Promosi yang bertemu untuk menetapkan siapa yang akan di promosikan. Dewan Promosi ini menentukan siapa yang memiliki kualitas terbaik, untuk memperoleh kenaikan posisi, jabatan atau pangkat. Alat utama untuk laporan promosi adalah laporan evaluasi yang di capai setiap tahun, meski tiap pangkat berbeda-beda laporan evaluasinya, biasanya evaluasi menilai sejumlah kriteria tertentu yang secara umum seperti cara berkomunikasi, pengambilan keputusan, memotivasi, perencanaan, pelaksanaan, penilaian, pengembangan pribadi dan kelompok/team, serta pembelajaran.
3.      Kepemimpinan, dimana delapan aturan kepemimpinan universal menurut Peter F. Drucker, yaitu : Utamakan integritas, kenali perangkat kita, ungkapkan harapan, tunjukkan komitmen yang luar biasa, harapkan selalu hasil yang positif, urus dan perhatikan bawahan atau anak buah, utmakan tugas diatas urusan pribadi dan selalu berada di depan.
Peter F. Drucker percaya bahwa para pebisnis dan perusahaan harus melihat dan mempraktekkan apa yang telah dilakukan oleh militer Amerika Serikat, untuk  memimpin perusahaan. Adopsilah sistem militer untuk meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan perusahaan.