Bacaan ku di tengah malam ini dijam 12:38AM WIB (sekitar jam itu).
Rahasia Manajemen
Rantai Pasokan di Balik Kesuksesan Kentucky Fried Chicken (KFC)
Tema
: Manajeman rantai pasokan perusahaan yang efektif
Perusahaan
: PT. Fastfood
Indonesia
Penulis
: Alodya Agustina Elsam
Dosen
Pembimbing : Liem Gai Sin,M.Bus (Adv) PhD
Universitas Ma Chung, Malang, Jawa Timur
Tanggal penulisan : 16
Februari 2018
Kata kunci
: Semua kata yang diberi garis bawah (underline)
Gambar 1. Paket Super Besar 1 Original Chicken
KFC
Sumber: Klik-eat.com
Perkenalkan nama saya Alodya Agustina. Saya
adalah seorang mahasiswi jurusan manajemen Universitas Ma Chung Malang angkatan
tahun 2016. Saya sangat menyukai makanan fast food,salah satunya
adalah KFC. Saya biasanya pergi bersama keluarga atau teman dan memesan paket
super besar 1 original chicken.Saya suka makan di KFC karena
pelayanannya yang cepat. Tanpa menunggu lama, makanan yang dipesan akan segera
datang dalam hitungan menit. Meskipun makanan datang dengan cepat, rasanya pun
tetap enak. Dibalik pelayanannya yang cepat dan rasanya yang enak, terdapat
suatu rahasia manajemen rantai pasokan (supply chain management) yang
digunakan.
Manajemen rantai pasokan adalah integrasi
aktivitas pengadaan bahan dan pelayanan, pengubahan menjadi barang setangah
jadi dan produk akhir, serta pengiriman ke pelanggan dengan tujuan menghemat biaya,
mempercepat waktu, dan mendapatkan profit yang besar. Manajemen rantai pasokan
sangat penting dalam dunia bisnis. Apabila manajemen rantai pasokan yang
digunakan sudah tepat, maka dapat memuaskan konsumen, menekan biaya
produsen, dan memperoleh profit yang lebih banyak. Saya memilih KFC sebagai
bahan analisis dan materi dalam artikel ini, karena manajemen rantai pasokan
yang digunakan KFC sangat efektif sehingga dapat menghemat
biaya pengeluaran dan menjadikan KFC sukses hingga saat ini.
KFC merupakan salah satu restoran cepat saji
terbesar di dunia. Kantor pusat KFC berada di Louisville, Kentucky, Amerika
Serikat. KFC didirikan oleh Kolonel Harland Sanders. Pada awalnya, Harland
menjual ayam gorengnya di dekat pom bensin yang berada di tepi jalan Corbin,
Kentucky. Namun saat ini, gerai KFC dapat ditemukan hampir di seluruh dunia
termasuk Indonesia. Hak eklusif waralaba KFC di Indonesia dipegang oleh PT.
Fast Food Indonesia. Saat ini, terdapat 559 gerai KFC yang tersebar di
Indonesia. Seringkali ditemukan antrian banyak pelanggan yang hendak memesan di
seluruh gerai KFC yang ada di Indonesia. Pernahkah anda penasaran bagaimana
strategi KFC dalam memenuhi banyak pesanan konsumen dengan cepat dan KFC
menjadi sangat sukses?
Ternyata salah satu kunci kesuksesan KFC
adalah manajemen rantai pasokan yang efektif. Bagaimanakah itu ?
Berikut adalah bagan dari manajemen rantai pasokan KFC :
BAGAN ALUR MANAJEMEN RANTAI PASOKAN KFC
INDONESIA
Konsumen
Manufacturing
KFC Logistic Regional
PT. Fast Food Indonesia
Distribution
Gerai KFC
Supplier:
·
Ayam - Wonokoyo Grup
·
Sayuran umum - Pasar
regional
·
Kentang - Petani
kentang luar negeri
·
Bumbu - KFC USA
·
Beras non organik -
Petani lokal
·
Beras organik - Kantor
pusat Jakarta
·
Saos -- PT. Unilever
·
Pepsi -- PT.
Pepsi-Cola Indobeverages
Bagan 1. Alur Manajemen Rantai Pasokan KFC
Indonesia
Sumber :academia.edu.
Berikut merupakan penjelasan secara rinci
mengenai alur manajemen rantai pasokan yang digunakan oleh KFC :
Supplier
KFC memesan bahan baku kepada supplier dengan sistem pre-order setiap
minggunya, contoh KFC memesan 500 bagian paha ayam, 900 bagian dada ayam,
dan lain-lain. Pesanan itu tergantung dari kebutuhan setiap gerai KFC sehingga
dapat menyesuaikan dengan konsumen. Hal ini sangat menguntungkan bagi KFC
karena dapat menghindari adanya kelebihan atau kekurangan bahan baku. Apabila
terjadi kelebihan bahan baku, dapat dialihkan kepada gerai yang kekurangan
bahan baku.
Manufacturing
Bahan baku dari supplier akan
dijadikan satu di gudang KFC Logistic Regional. PT. Fast Food Indonesia
akan mengecek kuantitas dan kualitas dari bahan baku itu. Terdapat proses
pengolahan bahan baku menjadi bahan setengah jadi yang
dilakukan oleh PT. Fast Food Indonesia secara langsung seperti proses
memberikan bumbu ke setiap ayam. Setelah itu, bahan setengah jadi tersebut siap
didistribusikan ke setiap gerai KFC sesuai kebutuhan.
Distribution
Bahan setengah jadi dan bahan lainnya tiba di
setiap gudang gerai KFC seluruh Indonesia dengan jumlah sesuai dengan
kebutuhan. Di setiap gerai hanya tinggal melakukan proses pengolahan makanan
seperti penggorengan ayam, kentang, dan sebagainya. Setelah itu makanan siap
disajikan kepada konsumen.
Kelebihan Manajemen Rantai Pasokan KFC :
·
Kuantitas dan kualitas
bahan baku terjamin karena terdapat pengecekan
langsung oleh PT. Fastfood Indonesia dari supplier.
·
Kuantitas pesanan
dapat terkoordinasi setiap
minggunya.
·
Terhindarnya masalah
kekurangan atau kelebihan bahan baku yang disimpan di
gudang PT. Fastfood Indonesia, karena menggunakan sistem pre-order yang
disesuaikan dengan kebutuhan setiap gerai KFC.
·
Bahan baku tidak
disimpan terlalu lama karena langsung
didistribusikan ke setiap gerai KFC, sehingga menghindari adanya pembusukan.
·
Berkurangnya biaya
pengiriman minumanseperti minuman pepsi
karena dari supplier langsung didistribusikan ke gerai KFC.
·
Cita rasa seluruh KFC
yang ada di Indonesia sama, karena bahan baku
dan proses manufaktur seperti pemberian bumbu dilakukan oleh satu pihak yaitu
PT. Fastfood Indonesia.
·
Makanan dapat tersaji
dengan cepat dan rasanya sangat enak, sehingga konsumen merasa puas.
Kelemahan Manajemen Rantai Pasokan KFC :
·
Bahan baku ada yang
diimpor dari Amerika, sehingga butuh perhitungan waktu yang tepat agar
tidak kekurangan bahan baku tersebut.
·
Butuhnya sumber daya
manusia yang peka terhadap
persediaan di setiap gerai KFC. Jadi apabila di gerai KFC terdapat pembludakan
konsumen yang melebihi perkiraan, maka orang tersebut langsung
menghubungi PT. Fastfood Indonesia untuk segera mengirimkan ke gerai KFC
tersebut.
·
Kondisi konsumen yang
dinamis, sehingga setiap
gerai KFC harus cermat dalam menganalisis setiap perubahan jumlah banyaknya
konsumen setiap harinya.
Salah satu pengaruh utama kesuksesan suatu
perusahaan adalah manajemen rantai pasokan. Semakin efektif manajemen rantai
pasokan, semakin semakin tinggi tingkat kompetitif yang dimiliki dan semakin
besar pula profit yang diterima oleh perusahaan. Manajemen rantai pasokan KFC
Indonesia memiliki supplier dengan kuantitas bahan baku yang
banyak, kualitas yang bagus, dan fleksibel yaitu sistem pre-order.
Proses manufaktur dan distribusi KFC Indonesia sangat efisien dalam mengolah
persediaan serta cepat sampai ke tangan konsumen. Oleh karena itu, manajemen
rantai pasokan KFC Indonesia dapat menekan biaya yang ada, proses distribusi
yang cepat, kualitas bagus dengan rasa yang enak, konsumen menjadi puas, dan
profit yang didapatkan KFC menjadi lebih besar.
Semoga dengan adanya artikel ini, pembaca
dapat menambah pengetahuan mengenai bagaimana manajemen rantai pasokan yang
efektif.
DAFTAR PUSTAKA
Eztolearnt (2017). Manajemen Rantai Pasok pada
Perusahaan Ayam Goreng KFC. Diakses pada tanggal 16 Februari, 2018, dari
Eztolearnt Wordpress: https://eztolearnt.wordpress.com/2017/10/25/manajemen-rantai-pasok-pada-perusahaan-ayam-goreng-kfc/
Jo.Janitra (2016). Rantai Pasok KFC Indonesia.
Diakses pada tanggal 16 Februari, 2018, dari Academia: http://www.academia.edu/23195242/Rantai_pasok_KFC_Indonesia
Marieffauzi (2013). Manajemen Rantai Pasokan
Supply Chain Management. Diakses pada tanggal 16 Februari, 2018, dari
Wordpress: https://marieffauzi.wordpress.com/2013/10/03/5-manajemen-rantai-pasokan-supply-chain-management/comment-page-1/